BREAKING NEWS

Info PPDB

Hasil Karya Siswa

Pengumuman

From our Blog

Jumat, 23 Desember 2011

Open House Sekolah Integral Hidayatullah Bojoengoro


Penyerahan THROPY & Hadiah Kreasi Pasir


Selama 3 hari berturut turut Sekolah Integral Hidayatullah mengadakan OPEN HOUSE mulai tanggal 27 - 29 Maret 2009 acara itu di helat di halaman SD INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM. Menurut Bapak Arif Rachman selaku ketua panitia "acara in sengaja diadakan untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat / wali murid atas kepercayaan yang telah di berikan kepada Sekolah Integral Hidayatullah baik di KB - TK YAA BUNAYYA maupun SD INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM selain itu kegiatan ini juga sebagai wahana informasi penerimaan murid baru tahun ajaran 2009 / 2010 di lingkup Sekolah Integral Hidayatullah Bojonegoro.
Adapun beberapa kegiatan pendukung pada open house yaitu :
- Pentas Seni Anak
- Workshop Sains Untuk Anak
- Pelatihan APE Untuk Guru TK Se-Kab Bojonegoro
- kajian Psikologi Tentang Pendidikan
- Lomba Kreasi & Exsplorasi Pasir Untuk Anak dan Orang Tua
Alhamdulillah ......................Sungguh luar biasa dan dahsyat acara yang ada di open house.

SELAMAT DAN SUKSES UNTUK PANITIA SEMOGA KEDEPAN LEBIH BAIK LAGI.
Kritik/ Saran & Masukan yg membagun kami terima, kirimkan ke sdintegral@yahoo.com

Melatih Anak berdiskusi


Melatih Anak Berdiskusi

Seringkali kita merasa jengkel dengan ulah murid- murid
setiap hari mugkin ada saja yang berulah. ada yang sengaja memancing masalah denga temanya, ada yang memang karena sesuatu yang tak di sengaja kemudian salaing tuduh dan akhirnya berkelahi.Ada yang suka memanipulasi temanya untuk kepentingan dan keenakannya sendiri. Beberapa anak yang lain senag jika ia berhasil salah seorang temanya marah atau menangis.Di sudut yang lain ada anak yang egoisdan tidak mau berbagi. Di waktu yang laian ada anak yang ingin diperhatikan dan menuntut kita untuk memperhatikan dirinya saja .... itulah mugkin duni perkembangan anak - anak.

Perilaku - perilaku yang tidak menunjukkan akhlaq yang mulia sudah seharusnya diarahkan supaya mereka menjadi individu mulia yang bisa menjadi pemimpin yang adil suatu hari nanti.Dan sudah menjadi tugas orang tua dan gurulah untuk mengarahkan mereka ketika di rumah dan selama di sekolah ...Namun tidak hanya sekali itu kita bingung.kemudian muncullah pertanyaan di benak "mau di bagaimanakan anak ini?" rasa -rasanya sudah seribu langkah kita coba dan seribu kali kita mengingatkannya tapi tak ada hasil atau bekasnyasama sekali. Tak ada perubahan sedikitpun malah mungkin kadang kala tanpa kita sadari kenakalan semakin menjadi . Mungkin itulah ujian kesabaran kita untuk tetap berusaha dan pantang menyerah.
mengapa kemudian cara kita tidak efektif, salah satu kemugkinan penyebabnya ada si seberapa tepatkah kita menganalisasuatu kasus / masalah yang dan menemukan akar permasalahnya dengan tepat. Sering kali kita tergesa - gesa memfonis dan kemudian kmengambil langkah tergesa - gesa yang bisa jadi langkah itu tidak menghasilkan perubahan positif tapi justru sebaliknya. Hasilnya bukan mereka lepasa dari masalah tetapi justru menambah masalah. Mungkin saja masalah mereka yang tadinya sedrhana justru berkembnag kemamana - mana dan tambah runyam karena kesalahan kita ketika menyelesaikanya. Disinilah kita sebgai guru perlu mengedepankan kominikasi dua arah yang efektif. Kita sebagai orang dewasa perlu membuka jalur komunikasi. Kitalah yang lebih efektif tepat untuk memulainya.
Memperhatikan, mendengarkan dan berdiskusi dengan mereka mungkin adalah kunci utama bagi permasalahan anak - anak tersebut. Kurang atau berlebihannya perhatian akan menghasilkan dampak yang negatif bagi anak - anak. Perhatian yang di berikan orang tua maupun guru Insya Allah bisa mengurangi sikap negatif mereka untuk diarahkan kepada sikap positif. Dengan perhatian tulus, Isnya Allah mereka juga akan lebih mudah diarahkan. Namun ketika kita lupa memperhatikan, menghargai, memuji dan mendengarkan mereka sedangkan kita tak kunjung sadar dengan sikap tersebut, kemungkinan besar mereka akan lari kepada orang lain. Apa jadinya jiak pelarian tersebut adalah para pecandu narkoba atau perokok berat terutama bagi para remaja. Atau jika ia masih anak - anak , bisa jadi kemudian mencari perhatian dari teman- temannya dengan cara berbuat onar. Atau berbuat ulah kepda temannya untuk medapatkan perhatian dari kita atau orang dewasa disekitarnya.

Dengan begitu bisa jadi tanpa sadar kita telah menjadikan anak - anak itu menjadi bermaslah karena kita mengabaikannya. Mungkin tanpa sadar sikap negatif mereka yang menyebalkan adalah hasil didikan kitayang salah terhadap mereka. Mungkin tanpa sadar kita turut ikut andil menjadikan merka anak perusak karena kita kurang pas dalam memperhatikan atau bisa jadi kita sama sekalitidak memperhatikannya karena sibuk dengan diri kita sendiri atau terlalu berlebihan dalam memperhatikannya.

Sikap perhatian yang sesuai dengan kebutuhan akan mendatangkan kepercayaan terhadap kita. Perhatian akan membuka jalan untuk berdiskusi.

Mendengarkan semua cerita / masalah anak dengan sikap netral tanpa siakp menyalahkan di depan akan memancing anak untuk bererita lebih banyak tentang alasan kenakalan mereka. Dari diskusi insya Allah masalah mereka akan tampak lebih jelas dan akar masalahpun akan kita temukan. Selanjutnya perumusan solusi bisa dilakukan dengan tingkat kesalahan yang lebih kecil. || fahma Jan 09|| Kak.Jai

Menghormati Hak Anak



MENGHORMATI HAK ANAK

Bagaimana sikap Rosulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam ( SAW )
terhadap anak-anak ?
Secara ringkas, saat bercanda sebagai teman,
saat bertutur sebagai guru,
dan terhadap hak anak, Rasulullah SAW menjadi pelindung dan penjaga.

Melalui tindakan dan ucapannya, rasulullah Muhammad mengajarkan kepada kita bagai mana menghormati hak anak. Barang kali inilah yang membuat anak - anak di masa Rasulullah SAW mudah menerima kebenaran, ringan mendengarakan nasehat dan ketika dewasa tidak sibuk mendahulukan hak. Mereka bersegera mendahulukan kewajiban karena di masa kecil mereka selalu di jaga haknya.

marilah kita ingat peristiwa yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.Dari Sahl bin Sa'ad RA, Rasulullah SAW pernah di suguhi minuman. Beliau meminumnya sedikit. Disebelah kanan beliau ada seorang bocah dan disebelah kiri beliau duduk para orang tua. Beliau bertanya kepada si anak, “ Apakah engkau rela minuman ini aku berikan kepada mereka ?” Si anak menjawan, “ Aku tidak rela, ya Rasul Allah, demi Allah aku tidak akan memperkenankan siapa pun merebut bagianku darimu,” Rasulullah SAW meletakkan minuman itu ke tangan anak kecil tersebut.

Pelajaran apa yang bisa kita petik adari Hadits ini? “ Rasulallah SAW memelihara hak si anak dengan menyuguhkan minuman terlebih dahulu kepadanya karena ia berada di samping kanan beliau,” Kata Najib Khalid Al –Amr menuturkan dalam Min Asaalibir Rasul SAW Fit Tarbiyah.

“ini adalah bentuk pendidikan yang menjadikan anak seakan berada dalam jajaran jajaran para orang tua dari segi perolehan hak. Ketika anak telah merasa mengambil haknya, perasaan cintanya kepada Rasulullah SAW akan bertambah dan keimanan kepada risalah beliau akan semakin kokoh,”Kata najib Khalid Al – ‘Amr seraya menambahkan,” dari sinilah potensi kreativitasnya akan berkembang dalam naungan dakwah beliau.”

Cara bersikap seperti ni membuata anak merasa berharga. Ia memiliki citra diri yang baik. Tidak menganggap dirinya buruk, tidak pula memandang orang dewasa dan lingkungan pada umumnya sebagai sumber kektakutan. Selanjutnya, anak akan memiliki konsep diri yang positif sehingga mampu mengembangkan potensinya secara optimal. Rasa percaya diri yang sangat besar, sering kali di tentukan oleh seberapa baik anak memperoleh perlakuan dari orang tua. Bukan apa yang ia miliki untuk ditunjukkan kepada orang lain.

Mencintai Tanpa Syarat
Alfie Kohn, seorang pesikolog sekaligus penulis buku Unconditional Parenting, menunjukkan bahwacinta yang tulus lebih efektif untuk mengasuh, mengarahkan , mendidik, danmendorong anak untuk lebih bertangung jawab. Jika anda ingin anak – anak lebih hormat kepada anda beserta apa yang anda katakan, tumbuhkanlah kepercayaan mereka kepada anda. Caranya ? cintailah mereka sepenuh hati dengan tulus, tanpa syarat.
Selain itu, anak – anak akan memperhatiakan kata – kata anda. Jika anda berbohong kepadanya, anak tidak akan percaya kepada setiap perkataan anda. Sekalipun itu nasehat yang palaing baik. Padahal tanpa kepercayaan bagaimana mungkin anak – anak akan tergerak untuk melakukan apa yang kita inginkan?
Di sinilah kita bisa memahami mengapa rasulullah SAW sangat menekankan agar kita mencintai anak – anak tnpa syarat, menepati janji,tidak berbohong, dan adil terhadap mereka. Bagaimana anak – anak kita mengimani Tuhannya kelak, sangat dipengaruhi oleh cara kita memperlakukan mereka di waktu kecil.
Ingatlah ketika Rasulullah SAW bersabda,” Cintailah anak – anak dan kasih sayangilah mereka. Bila menjanjika sesuatu kepada mereka tepatilah. Sesungguhnya yang mereka ketahui, hanya kamulah yang memberi mereka rizki,”( riwayat Bukhari).
Selain tentang seruan untuk melimpahkan cinta dan kasih saying kepada anak, ada dua hal yang perlu kita renugkan dari hadits tersebut. Pertama, berkait dengan sabda Nabi SAW, “ Sesungguhnya yang mereka ketahuai hanya kamula yang memberi rizki.” Ini mengingatkan saya pada teori pesikologi agama yang menunjukana bahwa keyakinan bukan pengetahuan kepada Tuhan sangat di pengaruhi oleh pengalaman anak berhubungan dengan orang tua. Mereka memiliki orang rua pelit,tidak konsisten dan tidak memiliki prinsip dalam mengsuh anak, cenderung menjadi pribadi yang sulit membangun keyayakinan sangat kuta terhadap sifat pemurah Allah Ta’ala meskipun pengetahuan tentanga hal tersebut sangat luas. Wallahu a’lam bishawab.
Kedua ,menepati janji. Inimerupakan bagian dari berkata dengan perkataan yang benar (qaulan sadiida). Inilah salah satu dari dua kunci mendidik anak yang ditunjukkan oleh Allah ‘Azza wa jalla dalam al- Qur’an surat An- Nisaa’ ayat 9, Allah Subhanahu wa Ta’ala (SWT ) berfirman,”Dan hendaklah takut kepada Allah orang – orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak – anak yeng lemah,yang mereka khawatir terhadap mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”
Bagaimana kalau kita melakukan hal – hal yang kurang baik ? jika kita benar - benar berusaha untuk selalu berkata jujur kepada anak, sementara kita tidak ingin menjadi contoh yang buruk bagi mereka. Maka insya Allah kejujuran akan menununtun kita untuk berbenah. Ada dorongan dari dalam diri kita untuk terus memperbaiki diri agar bisa menjadi contoh yang layak bagi mereka. Kalau tidak, kita akan menghadapi dua kemungkinan .
Pertama, lidah kita kelu ketika berbicara kebaikan dan kebenaran kepada anak di sebabkan dua hal tersebut tidak melekat pada diri kita.
Kedua,kita berbohong kepada mereka untuk menutupi keburukan, sehingga kita justru melanggar apa yang telah di perintahkan oleh Allah Ta’ala dalam Surat An – Nisaa’ ayat 9. Padahal berkata yang jujur ( qaulan sadiida) merupakan kunci untuk melahirkan generasi yang kuat dan tidak menghawatirkan. Wallahu a’lam bishawab.
Inilah diantara hikmah berbicara engan perkataan yang benar kepada anak. Secara keseluruhan, berbicara yang benar akan membawa kita pada kebaikan. Allah ‘azza wa jalla akan membaguskan amal – amal kita dan mengampuni dosa kita. Allah Ta’ala berfirman,” Hai orang – orang yang beriman bertaqwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan – amalanmu dan mengampuni bagimu dosa – dosamu Dan barang siapa yang mentaati Allah dan Rasul- Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.”
( Qs. Al – Ahzab [33] : 70 -71).
Jika berkai dengan tugas kita sebagai orangtua, kesungguhan untuk berkata yang benar akan mendorong kita terus berbenah, sehingga kapasitas pribadi kita sebagai orangtua akan lebih baik dari waktu ke waktu.
Selebihnya, saya hanya ingin mengaris bawahi tentang betap pentingnya anak – anak memperoleh pengalaman bagaimana hak-haknya dimuliakan, dijaga dan dipenuhi oleh orangtua. Ada amanah yang harus kita pertanggung jawabkan kelak di Yaumil Qiyamah, termasuk bagaimana menghormati hak yang telah ditetapkan oleh Allah Ta’ala dan rasul-Nya bagi anak- anak kita. Wallahu a’lam bishawab |Hidayatullah Kolom Parenting: Fauzil Adhim Maret 09 | Mr Jai |

Kujungan Ke Perusahaan AIR MINUM " ATHIS"


yang mana pada bulan kemarin kita mengadakan kunjungan ke Perusahaan air minum Athis yang terletak di disa kunci Kec. Dander Bojonegoro. Dalam kunjugan tersebut para siswa dan siswi di jelaskan bagaimana proses pembuatan air mineral. Salah satunya yaitu dari sumber air di ambil mengunakan pompa terus di saring selanjutnya hingga sampai pengepakan dan siap untuk di minum

Get Your Spirit And Brighten Your Future


Perkemahan SIAGA

Untuk meningkatkan kwalitas dan krativitas anak didik sekolah kami terutama yang mengikuti ekstra pramuka mengadakan perkemahan SIAGA dengan tema “ Get Your Spirit And Brighten Your Future”
Acara yang diadakan pada tanggal 30 Agustus 2008 yang bertempat di halaman sekolah dan di ukuti anak didik yang berjumlah 50 Siswa dan Siswi. Kegiatan perkemhan ini di akhiri dengan penyematan kenaikan pangkat kepramukaan dari siaga menjadi siaga Bantu oleh Ustadz Arif rahman selaku Pembina Pramuka.


Time Kratif SDI luqman AL hakim Di akui Oleh MURI

Penyerahan Piagam MURI Oleh Ibu Hj. Suyoto, Msi

Untuk menunjukakan sesuatu terkadang memang perlu perjuangan. Tak hanya tenaga dan pikiranyang terkuras, tapi juga waktu. Begitulah yang di alami Salah satu Time Kreatif SDI – LH untuk bisa diakui MURI. Pada bulan September 2008 Sekolah Integral SD Luqman Al Hakim Bojonegoro Bangga karena pada bulan itu Time Kreatif SDI- LH Telah di akui Oleh MURI dengan hasil Karyanya kerangka Rumah terkecil dari bambu dengan lebar 1 cm, tinggi 1 cm, dan panjang 1 cm. Dan kini beliau juga berencan akan membuat miniature Pendapa Pemkab dari Koran.
 
Copyright © 2021 SD Integral Luqman Al Hakim Hidayatullah Bojonegoro
Distributed By Free Premium Themes. Powered byBlogger
banner