Info Sekolah
Mail Instagram
Profile Sekolah

Rahasia Keberhasilan PEMBELAJARAN Rasulullah


Sungguh, tidak mudah mendidik/berdakwah diatas dasar-dasar jahiliyah dalam keadaan masyarakat sebagai penyembah berhala, juga tidak mudah menyamapaikan dan membiasakan sesuatu yang baru di atas kebiasaan-kebiasaan yang telah mendarah daging,turun-temurun dilakukan sejak nenek moyang mereka.Banyak halangan rintangan dan cobaan yang di hadapi Rasulullah SAW saat itu.Tapi Rasulullah SAW mampu!! Mampu membawa cahaya Islam di antara mereka. Mampu menyinari kegelapnya dunia akidah pada saat itu.

Harta, Tahta, dan Wanita ditawarkan kaum kafir Quraisy untuk merebut simpati Rasulullah SAW agar menghentikan misi pendidikannya, mentauhidkan kaumya, mengesakan Tuhan sembahannya, agar hanya Allah ‘Azza wa jalla yang menjadi sembahanya, bukan yang lain. Berbagai macam gelar telah disandangkan oleh kaum Kafir Quraisy kepada Rasulullah SAW seperti tukang sihir, orang gila, fan lain-lain. Tapi Rasulullah tidak kecil hati dan selalu bersabar, tetap berjuang menegakkan kalimat Allah. Bukan hanya itu, berbagai intimidasi dilakukan oleh orang-orang yang tidak suka tarbiyahnya (pendidikan/pengajaran) Rasulullah kepada pengikut Rasulullah, tapi Rasulullah tidak pantang menyerah terus berjuan dan berjuang sampai kalimat Allah terukir ikhlas di hati para pengikutnya. Sampai kalimat Allah tegak di bumi Makkah.


Kalau mau, Rasulullah bias menerima tawaran tahta dan kekuasaan yang dijanjikan kaum kafir Quraisy jika Rasulullah bersedia”berdamai”. Dengan dbegitu Rasulullah bisa menyuruh dan memaksa orang-orang untuk masuk agama Islam dan menyembah hanya kepada Allah. Tapi Rasulullah tidak mau. Pembelajaran Islam adalah misi yang suci, harus tegak diatas dasar-dasar yang suci dan dengan cara-cara yang suci pula.
Sejarah telah mengukir prestasi pembelajaran Rasulullah sehingga generasi pada zamanya adalah generasi terbaikdalam sejarah umat Islam. Apa rahasi yang tekandung dalam keberhasilan pebelajaran Rasulullah tersebut? Di antara sebagian kecil dari sekian banyak factor penentu keberhasilan pendidikan Rasulullah : Mendapat ridha dan petunjuk Allah Ta’ala, kerja keras, perjuangan yang tidak pernah menyerah, dan pribadi atau akhlak yang terpuji.

Setiap langkah, perbuatan dan ucapan Rasulullah tidak pernah bertentangan dengan perintah Allah SWT. Selalu diridhai dan mendapat petunjuk dari Allah SWT. Beliau tidak berbicara dan bertindak selain dari petunjuk Allah, seperti yang telah difirmankan Allah dalam surat An Najm ayat 3 dan 4: “ Dan tidaklah ia (Muhammad) berkata berdasarkan hawa nafsunya, malainkan ia mendapatkan wahyu. Yang menarik dari rahasia-rahasia di atas adalah karakter dan keperibadian Rasulullah dalam mendidik. Pribadi Rasulullah dengan sifat-sifat yang mulia seperti Shidiq, Amanah, Fahonah dan Tabligh menjadi modal utama mereut simpati peserta didiknyadan untuk membangun khaira ummah( sebaik-baik umat). Sifat kasih sayang beliau menjadi perekat. Membangun kesatuan umat Islam. Dengan sifat lemah lembutnya, beliau mampu menumbuhkan hati-hati yang keras dan kejam sekalipun. Rasulullah telah berhasil mencetak generasi terbaik di jamanya. Dan bahkan telah mewariskan dua pegangan kokoh yang apabila kita berpegang teguh kepada keduanya, maka kita tidak akan tersesat selamaya, yaitu Al- Qur’an dan Alhadits.
Nah, lalu bagaimana dengan kita?? Pendidik yang hidup di jaman serba cangih, sarana dan prasarana telah tersedia, dan yang lebih penting masyarakatnya telah disinari cahaya Islam, yang segalanya mudah apabila kita mau dan mampu malaksanakannya? Sudahkah kita mengajar dan mendidik mereka dengan kasih sayang dan mengerakkan ukhuwah mereka ?? Dan sudahkah kita bekerja keras dan terus berjuang malakukan hal yang terbaik untuk kemajuan dan kesuksesan pendidikan anak-anak kita agar bisa mengulang keberhasilan pendidikan/dakwah Rasulullah SAW menciptakan generasi-generasi terbaik di jaman kita??. || Noorhikmah-Fahma –V-09|| Ust. Zainul||

0 komentar:

Posting Komentar