1. Konsep Dasar
Sekolah Integral SD Luqman Al Hakim adalah salah satu unit
dakwah ormas Hidayatullah yang berorentasi pada pendidikan. Dalam Garis Besar
Program Pendidikan Integral Hidayatullah disebutkan bahwa arah pendidikan
Hidayatullah berakar pada nilai-nilai Islam. Bertujuan untuk meningkatkan
kecerdasan siswa serta harkat dan martabat Islam yang mencakup 8 poin arahan,
yakni:
1.
Harus menjamin ikut serta dalam membangun peradaban Islam.
2.
Harus dapat meningkatkan kecerdasan peserta didiknya.
3.
Harus dirancang untuk meningkatkan harkat dan martabat Islam dan
kaum Muslimin.
4.
Harus menimbulkan rasa tanggung jawab pada output didik
untuk senantiasa membela keluruhan Islam dan ummatnya.
5.
Harus diarahkan untuk menghasilkan output didik
yang mampu mandiri.
6.
Harus diarahkan untuk menumbuhkan rasa kepedulian peserta didik
terhadap masalah yang berkembang di masyarakatnya.
7.
Harus dilaksanakan secara profesional, terbuka untuk seluruh
lapisan masyarakat dan mengakses kepada perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi terkini.
8.
Harus mengakomodir secara layak anak-anak yatim, piatu,
terlantar dan tidak mampu lainnya.
Atas dasar hal inilah, Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah
memilki konsep pendidikan integral yang akan menjadi arah pendidikannya. Konsep
yang dimaksud meliputi semua jenjang pendidikan dari Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) hingga Pendidikan Tinggi (PT). Oleh karena pendidikan telah menjadi
kunci solusi paling mendasar dari semua cita-cita kelembagaan.
Pondok Pesantren Hidayatullah lahir dan berdiri di
atas manhaj Sistematika Nuzulnya Wahyu (SNW). Kita menyakini bahwa SNW ini
selaras dan merujuk pada framework Islam dan ittiba’ kepada
Rasulullah Saw. Manhaj ini lebih penting dari materi pelajaran dan guru. Manhaj
inilah yang memberinya bentuk dan warna yang khas. Manhaj diperlukan Pesantren
Hidayatullah untuk memahami dirinya sendiri. Manhaj ini tidak hanya berurusan
dengan fakta dan data. Ia berkaitan dengan pendekatan metodologis. Artinya,
bagaimana data dan fakta itu dipahami. Data dan fakta yang ada itu harus
diselaraskan dengan manhaj ini.
Pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Hidayatullah (baik
proses maupun hasilnya) seluruhnya harus merujuk dan dijiwai oleh manhaj ini.
Ia harus dapat diterjemahkan baik dalam proses belajar mengajar, budaya kerja,
manajemen, pengambilan keputusan, pembinaan SDM dan seluruh aspek lainnya yang
ingin dicapai oleh lembaga ini.
Manhaj ini membahas berbagai hal yang merupakan penanaman nilai,
konsep, visi, standar, dan model kepribadian serta keyakinan:
1. Surah al-’Alaq memantapkan aspek nilai-nilai
dasar akidah, yang tidak saja mencakup rukun iman dalam pengertian formal,
namun bagaimana nilai-nilai dari iman itu membentuk pemikiran, sehingga menjadi
rujukan dalam berpikir, merasa, berbicara, bertindak. Syarat-syarat syahadat,
misalnya, pada dasarnya merupakan “pagar” pikiran, perasaan, perkataan dan
perilaku (ilmu, yaqin, qabul, inqiyad, ikhlash, shidq, mahabbah)
kebalikan dari (jahl, syakk, radd, tark, syirk, kadzib, baghdha’).
2.Surah al-Qalam mengandung prinsip-prinsip umum dienul
Islam, yakni: (1) khittah seorang muslim, (2) konsep masa depan, (3) konsep
akhlaq, (4) konsep benar-salah. Fokus utamanya adalah membangun khiththah hidup
ber-Qur’an sebagai ideologi kebenaran. Selamat tidaknya kita, berkah tidaknya
hidup kita, dan maju tidaknya kita tergantung kepada kekokohan dan keteguhan
kita dalam menempuh jalan ini.Awalnya,pengikut jalan ini pasti sedikit,namun
suatu saat pasti akan membesar asal kita konsisten dengan sikap kita.
3.Surah al-Muzzammil mengupas masalah tazkiyah
dan ibadah, yaitu 7 bekal spiritual seorang muslim: (1) qiyamul-lail,
(2) tartil al-Qur’an, (3) dzikrullah, (4) tabattul (total di jalan Allah), (5)
tawakkal, (6) sabar, (7) hijrah. Fokus utamanya adalah pencerahan spiritual dan
internalisasi nilai-nilai Al-Qur’an. Menjadikan ibadah dan taqarrub kepada
Allah sebagai tradisi, baik melalui ibadah wajib maupun nafilah.
4. Surah al-Muddatsir membahas tentang konsep
perubahan atau prinsip-prinsip dasar tarbiyah dan dakwah, yaitu:
(1) berfokus kepada akhirat, (2) hanya membesarkan nama Allah, (3) menyucikan
“pakaian” (kepribadian, keluarga, dsb), (4) menghindari dosa, berhala, dan
najis, (5) ketulusan dalam memberi, berdakwah tanpa pamrih, (6) bersabar. Fokus
utamanya adalah transformasi nilai-nilai Al-Qur’an ke dalam kehidupan. Mulailah
mencari teman, dengan mengajak orang untuk berubah menjadi lebih baik, yakni: menjadi
bagian dari penggerak perubahan (agent of change).
5. Surah al-Fatihah merangkum visi peradaban Islam, yakni
peradaban yang berakar kepada tauhid dan semata-mata untuk mengabdi kepada
Allah ta’ala. Milikilah visi besar, apapun keadaan kita hari ini.
Al-Fatihah artinya Pembuka, semacam kunci yang akan menjadi pemandu untuk
memahami bangunan peradaban yang akan ingin ditegakkan, yakni seluruh
nilai-nilai yang terkandung di dalam al-Qur’an.
Jadi sebagai lembaga Islam yang punya komitmen dalam membangun peradaban
Islam, maka pesantren Hidayatullah harus senantiasa menjaga, memelihara dan
mengaplikasikan manhajnya dalam kehidupan sehari-hari. Jika konsep-konsep
penting ini tidak lagi digunakan secara benar, maka ia merupakan pertanda yang
jelas bahwa ruh lembaga itu telah mati.
2. Data Sekolah
·
Nama
Sekolah : SDI Luqman Al-Hakim.
·
NSS/NPSN
: 10.2.05.05.01.044 / 20504317
·
Alamat
: Jl. Lisman 18 B
·
Kecamatan : Bojonegoro
·
Kabupaten/kota : Bojonegoro
·
Propinsi : Jawa Timur
·
Telepon/Fax. : 0353-888025
·
Nama Yayasan
` : Yayasan Pondok Pesantren
Hidayatullah
·
Status
Akreditasi : A/2004
3. Profil Lulusan
·
Memiliki Akhlaqul Karimah
·
Dapat melaksanakan sholat dengan baik
·
Mampu membaca Al Quran dengan tartil
·
Memiliki hafalan 2 juz
·
Cerdas, kreatif, terampil, dan mandiri
·
Memiliki kemampuan akademik yang tinggi
·
Mampu berkomunikasi aktif dalam Bahasa Inggris dan/atau Bahasa
Arab
·
Memiliki jiwa leadership dan entrepeneurship
4. Indikator Profil
·
Melaksanakan sholat tanpa disuruh, tepat waktu, dan memahami
arti bacaan sholat
·
Mampu membaca al Quran sesuai kaidah tajwid
·
Taat kepada Allah Swt dan Rasululloh Saw,
·
Hormat dan patuh kepada guru serta orang tua,
·
Ramah dan sayang kepada sesame
·
Peduli pada lingkungan,
·
Mampu menghafal juz 29 dan 30
·
Rata-rata niai ujian nasional/uasbn 8,0, lulus 100 %, dan masuk
sekolah favorit
·
Mampu bertanya dan menjawab dalam Bahasa Inggris dan/atau Bahasa
Arab
·
Mampu menyampaikan gagasan dalam bentuk tulis dan lisan dengan
Bahasa Inggris dan/atau Bahasa Arab
·
Mampu memimpin dan siap dipimpin serta memberdayakan potensi
diri
Posting Komentar