BREAKING NEWS

Info PPDB

Hasil Karya Siswa

Pengumuman

Rabu, 11 November 2015

Tenaga Pendidik

Dari sudut pandang sistemik, guru adalah sebuah prototipe teladan yang hidup. Maknanya, guru disamping mengajarkan ilmu, juga perlu memberikan teladan kepada para siswanya.  Berdasarkan hal ini maka guru di SD Integral Hidayatullah perlu memenuhi kualifikasi berikut :
a)   Amanah.
Artinya, seorang tenaga pengajar perlu orang yang amanah.  Ia betul-betul memiliki komitmen yang tinggi untuk membentuk kepribadian Islam pada diri siswa-siswanya.  Bila tidak, pendidikan yang diharapkan unggul hanya akan menjadi impian.
b)  Profesional dan kader.
Artinya seorang guru memiliki kehlian di bidangnya, mencintai keahliannya dan serius menggeluti keahliannya.  Pengajar yang tidak menguasai bidang yang diajarkannya baik dalam aspek pengetahuan umum, keterampilan maupun Ulumuddin  tidak akan mampu memberikan hasil optimal pada para siswa.  Dengan demikian, penguasaan materi yang akan diajarkan penting dipahami oleh pengajar yang bersangkutan.  Untuk itu, diperlukan adanya materi yang sudah tersusun sedemikian rupa sehingga sesuai dengan visi, misi, dan tujuan pendidikan  Integral Hidayatullah.Seorang guru juga sekaligus kader lembaga untuk menshibgoh nilai-nilai Islam pada siswa/santri.

c)  Memiliki etos kerja keras.
Disiplin, tanggungjawab, kreatif, inovatif, dan taat kepada akad dan tugas merupakan salah satu karakter orang yang beretos kerja tinggi.
d)  Memiliki wawasan Islam
yang luas dan integral. Guru harus memiliki wawasan yang luas tentang Islam, hal ini diperlukan agar seorang guru tidak mengajarkan ilmu kepada siswa secara parsial. Ketika mengajarkan IPTEK, seorang guru mesti mengkaitkan dengan pandangan-pandangan Islam. Sebaliknya ketika seorang guru menerangkan tentang ulumuddin, juga bisa  mengkaitkan dengan perkembangan IPTEK. Semua guru di sekolah itegral adalah guru agama.
e) Berkepribadian Islam.
Guru harus menjadi teladan bagi siswa-siswanya agar tidak hanya sekedar menjalankan fungsi mengajar melainkan juga fungsi mendidik.  Artinya, upaya menanamkan kepribadian Islam kepada siswa harus dimulai dengan tersedianya guru-guru yang berkepribadian Islam kuat.


Posting Komentar

 
Copyright © 2021 SD Integral Luqman Al Hakim Hidayatullah Bojonegoro
Distributed By Free Premium Themes. Powered byBlogger
banner